Cara Memegang Bola Basket

Cara memegang bola basket merupakan kunci keberhasilan seorang pemain melakukan lemparan, tangkapan, menembak, atau menggiring dengan baik.

Adapun cara memegang bola basket menurut Dedy Sumiyarsono (2002: 12) adalah dengan dua tangan, Posisi telapak tangan merupakan corong besar sedangkan posisi bola terselip diantara telapak tangan.

Posisi bola melekat dibagian telapak tangan bagian atas, jari-jari membuka lebar dengan posisi rileks, kedua ibu jari terletak dekat dengan badan dibagian belakang bola, menghadap kearah tengah kedepan.

Memegang bola dengan benar adalah modal utama dalam bermain bola basket. Jika memegang ini tidak baik, maka gerakan selanjutnya akan kurang baik juga [Nuril Ahmadi (2007: 13)].

Untuk lebih jelasnya, lihat video tentang cara memegang bola basket berikut ini dan penjelasan setelahnya.

Cara memegang bola dengan baik dan benar merupakan hal pokok yang harus dilakukan dan dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari teknik dasar bola basket yang lain.

Sesuai pendapat para ahli di atas, bahwa dalam memegang bola basket, tangan diibaratkan seperti corong yang besar dan bola basket terselip di dalamnya. Namun dalam memegang, kedua tangan harus dalam keadaan rileks, dan jari tangan fleksibel dalam menerima bola.

Cara Memegang Bola Basket untuk Pemula

Berikut cara memegang bola basket yang biasa diterapkan oleh para pemain profesional di lapangan pertandingan.

  1. Diawali dengan sikap tangan membentuk mangkuk besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan.
  2. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola.
  3. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.
  4. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan.
  5. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.

Walaupun sepertinya agak susah, namun kalau teknik ini dipraktikkan langsung sebenarnya cukup mudah dilakukan.

1. Membentuk Mangkuk Besar

Memegang bola basket seperti membentuk mangkuk besar
Memegang bola basket seperti membentuk mangkuk besar

Pada umumnya, memegang bola basket adalah dengan membentuk lebih dulu mangkuk besar untuk sikap awal tangan. Bila ingin memegang bola basket dengan kedua tangan, maka kedua tangan inilah yang kita bentuk dengan sikap seperti mangkuk besar sementara bola letaknya ada di antara kedua telapak tangan kita.

Pastikan agar telapak tangan melekat di samping bola tapi ke belakang sedikit, sambil bagian jari-jari kedua tangan melekat juga tapi dalam keadaan berjarak satu dengan lainnya. Ibu jari adalah yang letaknya paling dekat dari tubuh, yakni di bagian belakang bola yang arahnya menghadap ke tengah depan.

2. Meletakkan Jari-jari Tangan pada Jalur Bola

Memegang bola basket dengan meletakkan jari jari tangan pada jalur jola
Memegang bola basket dengan meletakkan jari jari tangan pada jalur jola

Untuk bagian ibu jari, kita dapat letakkan pada alur yang lurus dan membentang pada area tengah bola, sementara empat jari lainnya bisa diletakkan pada alur di atas alur tengah bola. Antara jari yang satu dengan lainnya hendaknya diberi jarak atau diregangkan meski tidak usah begitu lebar.

Memerhatikan alur garis yang ada pada bola basket pada dasarnya dapat dijadikan sebagai panduan yang lebih mudah juga bagi kita dalam menempatkan jari-jari saat memegangnya. Arah mana pun tidak masalah, namun ketika baru mulai memegang bola basket, ada baiknya meletakkan jari sesuai alur yang sudah ada.

3. Menggunakan Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah dan Jari Manis

Menggunakan Ibu Jari Telunjuk Jari Tengah dan Jari Manis
Menggunakan ibu jari, telunjuk, jari tengah dan jari manis

Saat memegang bola, pastikan bahwa kita juga menggunakan ibu jari, telunjuk, jari tengah serta jari manis. Justru pada waktu memegang bola basket ini, ujung-ujung jarilah yang bertugas menjaga bola agar tidak jatuh dan tetap pada genggaman kita.

Pada poin ini yang dimaksudkan adalah bahwa ujung jari lebih banyak bekerja daripada bagian telapak tangan kita.

Dengan menekan ujung-ujung jari yang sudah disebutkan tadi pada bola yang dipegang menuju ke dalam. Jangan heran apabila telapak tangan tidaklah menempel pada bola sewaktu kita sudah menekankan ujung-ujung jari tadi pada bola.

Ini adalah cara memegang yang benar sehingga tak perlu ragu ketika telapak tangan tak menyentuh bola.

4. Memegang Bola Basket dengan Cara Meremas

Meremas Bola
Meremas bola

Latihan tidak cukup hanya sampai pada penekanan dari ujung-ujung jari mulai dari ibu jari, telunjuk, jari tengah, serta jari manis. Ketika memegang bola, ada kalanya kita perlu meremas bola dan hal seperti ini pun wajib menjadi bagian dari latihan kita. Latihan ini bisa dilakukan dengan tujuan utama sebagai pembangun kekuatan jari.

Saat latihan memegang bola basket yang benar, pastikan untuk mengambil waktu khusus untuk menggunakan ujung-ujung jari yang sebelumnya sudah disebutkan untuk diremaskan pada bola.

Hal ini berlaku saat kita memegang bola basket menggunakan kedua tangan dan dengan cara memegang yang benar, maka kita akan juga bisa berlatih cara mengoper bola basket yang benar serta akan lebih mudah lagi untuk melatih cara meningkatkan kemampuan tembakan bebas pada bola basket.

5. Pura-pura Mengoper Bola

Pura pura Mengoper
Pura-pura mengoper

Kedua tangan kita perlu lebih dulu terbiasa memegang bola untuk kemudian dioper kepada teman satu tim. Saat pegangan kurang pas, kita bisa saja salah mengoper atau bola justru bisa dengan mudah lepas dari pegangan.

Oleh karena itu, latihan pura-pura mengoper ini adalah salah satu langkah penting dalam meningkatkan pegangan bola basket di tangan.

Cara paling tepat pada latihan ini adalah dengan menggerakkan bola seperti hendak melempar atau mengoper namun kemudian menggunakan ujung-ujung jari yang telah menempel pada bola untuk memberikan tekanan dan menahannya kembali.

Ini adalah cara yang otomatis mampu membiasakan tangan kita dalam menggerakkan bola selama masih di dalam pegangan. Dan juga dengan cara ini, kita mampu mengendalikan bola lebih baik sambil memperkuat pegangan pada bola.

6. Menggunakan Bola Berukuran Lebih Kecil

Menggunakan Bola Berukuran Lebih Kecil
Berlatih cara memangang bola menggunakan bola berukuran kecil

Untuk pemula, menggunakan langsung bola basket yang berukuran besar akan lebih sulit, jadi mengapa tidak membiasakan lebih dulu menggunakan bola basket dengan ukuran kecil?

Lakukan latihan-latihan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas. Membiasakan diri dengan latihan tersebut akan memudahkan kita nantinya saat sudah menggunakan bola basket yang lebih besar.

Walau berbeda ukuran, namun paling tidak kita telah terbiasa memegang bola basket kecil secara stabil dan kuat yang kemudian kita terapkan pada bola yang lebih besar. Hanya membutuhkan waktu sebentar untuk bisa terbiasa dengan penggunaan bola besar berikut juga cara memegangnya.

Penting untuk melakukan peregangan tangan lebih dulu sebagai bagian dari latihan fisik untuk pemain basket sebelum latihan cara memegang bola basket yang benar supaya tangan kita tetap dalam bentuk yang baik dan lebih kuat.

Karena pegangan bola basket ditentukan dari kekuatan jari-jari tangan kita, pastikan supaya kekuatan jari pun kita jaga.

Beberapa pengetahuan tambahan untuk membantu Anda lebih mengenal permainan bola basket:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button