Ukuran Lapangan Bola Basket

Ukuran lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar Federasi Bola Basket Internasional.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter.

Ukuran lapangan bola basket
Ukuran lapangan bola basket

Perhatikan gambar dan ukuran lapangan bola basket di setiap bagian-bagiannya secara detil di bawah ini.

Lapangan basket tampak atas
Lapangan basket tampak atas
ukuran ring basket tampak dari atas
Ukuran ring basket tampak dari atas

Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter.

Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.

Lapangan basket bisa dibangun atau dibuat di alam terbuka atau dalam gedung. Permukaan lapangan harus datar dan rata agar pantulan bola baik dan mudah dikontrol/kuasai.

Lapangan dalam gedung biasanya berlantai kayu atau semen. Sedangkan di luar ruangan atau gedung, sebaiknya berlantai semen saja. Sebab kalau menggunakan kayu akan mudah keropos atau rusak akibat seringnya terkena sinar matahari atau dihujami air hujan.

Ukuran lapangan bola basket yang standar adalah panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Dari ukuran ini, masih boleh ditambah maksimal 2 meter untuk panjangnya dan 1 meter lebarnya.

Di dalam lapangan harus ada tiga lingkaran dengan ukuran yang sama yaitu berdiameter 1,8 meter.

Satu berada di tengah-tengah yang dipakai untuk memulai sebuah pertandingan. Dan dua lainnya berada di daerah ring masing-masing yang digunakan untuk jump ball dan/atau free throw (merayah bola dan/atau lemparan bebas atau tembakan hukuman).

Papan Pantul dan Jaring Basket

Ukuran ring basket dari samping
Ukuran ring basket tampak dari samping

Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter.

Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.

Ukuran ring basket tampak dari depan
Ukuran ring basket tampak dari depan

Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.

Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.

Papan tempat perkenaan bola basket berukuran panjang 1, 80 meter dan lebar 1, 05 meter. Papan ini bisa berupa kayu (papan) setebal 3 5 cm atau terbuat dari bahan fiberglass (kaca berserat) yang tidak mudah pecah/rusak. Kemudian diberi lis (garis bingkai) selebar 5 cm.

Di tengah papan pantul tersebut harus dibuat kotak dengan ukuran panjang 59 cm dan lebar 45 cm. Letaknya 45 cm dari garis bingkai atas bagian dalam.

Di bawah garis bingkai kotak tadi, dipasang ring atau cincin besar dari besi berdiameter 45 cm dengan ketebalan maksimal 20 mm. Agar kuat, cincin besi ini dilas/lekatkan pada sebuah lempengan besi lagi sehingga mudah disatukan dengan papan pantul.

Kemudian sisi ring bagian bawah (yang menghadap ke lantai) diberi pengait agar mudah memasang jaringnya. Ukuran jaring kira-kira 30-40 cm panjangnya dengan lubang agak besar di bawahnya untuk memudahkan bola keluar/mudah dilalui bola.

Tinggi papan dari lantai adalah 2, 90 meter diukur dari sisi papan paling bawah (paling dekat ke lantai). Atau setinggi 3, 05 meter bila diukur dari lantai sampai ke ring (bukan jaring/cincin besi).

One Comment

  1. Saya guru olahraga di salah satu sekolah di batam, saya mau minta tolong buat pengurus PERBASI di Indonesia membuat program pelatihan wasit bola basket di batam.
    Tolong respon nya terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close