Induk Organisasi Bola Basket Internasional (FIBA)

Induk organisasi bola basket internasional FIBA (Federation Internationale de Basketball) adalah organisasi tertinggi yang mengatur berbagai aturan olahraga bola basket dunia.

FIBA bermarkas di Jenewa, Swiss. FIBA didirikan pada 18 juni 1932 dengan nama Federation Internationale de Basketball Amateur. Negara pendiri FIBA adalah Yunani, Argentina, Cekoslowakia, Latvia, Portugal, Italia, Rumania, dan Swiss. FIBA menggelar berbagai kejuaraan bola basket seperti, kejuaraan dunia FIBA (kejuaraan antar negara), Kejuaraan dunia antar klub FIBA.

Markas FIBA di Jenewa, Swiss
Markas FIBA di Jenewa, Swiss

FIBA pertama kali menyelenggarakan Kejuaraan Dunia FIBA khusus laki-laki pada tahun 1950, menyusul kemudian Kejuaraan Dunia khusus wanita pada tahun 1953. Selepas itu, kedua kejuaraan ini lalu diselenggarakan setiap empat tahun sekali hingga sekarang, di tahun yang berbeda dengan penyelenggaraan Olimpiade.

Ada cerita unik tersendiri di Olimpiade bola basket. Pada awalnya, FIBA memberikan aturan khusus yang mengatur bahwa pemain yang boleh berkompetisi di turnamen Olimpiade basket hanyalah pemain berlevel amatir, namun sejak tahun 1989, FIBA mulai memberi kesempatan bagi para pemain profesional untuk berpartisipasi dalam Olimpiade.

Aturan tersebut membuat pemain-pemain dari NBA di Amerika Serikat hingga pemain-pemain pro di Euroleague mampu memperkuat negaranya di Olimpiade. Keputusan ini menjadikan negara Amerika Serikat, Spanyol, Lithuania, Jerman, Prancis, dan Argentina menguasai pergelaran Olimpiade karena banyaknya pemain mereka yang berkompetisi di kedua liga tersebut.

Cerita unik lain tentang FIBA adalah tentang kepindahan markas mereka. Meskipun sejak awal bermarkas di Jenewa, Swiss, pada tahun 1957 mereka pernah menggeser markasnya ke Munich. Sampai pada akhirnya FIBA kembali lagi ke pusatnya di Jenewa pada tahun 2002.

Patrick Baumann
Patrick Baumann, Sekretaris Jenderal Federasi Bola Basket Internasional.

FIBA melaksanakan kejuaraan-kejuaraan bola basket seperti:

  • Untuk turnamen antar negara:
  1. Kejuaraan Dunia FIBA
  2. Kejuaraan bola basket pada Olimpiade
  • Untuk turnamen antar klub:
    Kejuaraan Dunia Antar Klub FIBA

FIBA menyelenggarakan kejuaraan dunia, sekarang dikenal sebagai Piala Dunia, untuk pria sejak 1950 dan Kejuaraan Dunia Wanita sejak tahun 1953.

Sampai dengan 2014, kedua peristiwa kini diselenggarakan setiap empat tahun, bergantian dengan olimpiade. Seperti disebutkan di atas, piala dunia akan dipindahkan ke siklus empat-tahun baru, dengan untuk partisipasi olimpiade oleh para pemain basket profesional seperti pemain-pemain dari NBA di Amerika Serikat.

Pada titik ini, Fédération Internationale de Basketball Amateur menjadi Fédération Internationale de Basketball namun tetap FIBA sebagai singkatan dari itu. Markas FIBA pindah ke Munich pada tahun 1956, kemudian kembali ke Jenewa pada tahun 2002 silam. Patrick Baumann adalah Sekretaris Jendral FIBA saat ini.

Kejuaraan Dunia basket atau sering disingkat sebagai Kejuaraan Dunia saja (nama resmi: Kejuaraan Dunia FIBA) adalah kompetisi terpenting dalam dunia bola basket internasional.

Diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Basketball (Federasi Basket Internasional), pengatur cabang olahraga ini, turnamen babak final Kejuaraan Basket adalah ajang yang paling banyak memikat dan ditonton oleh seluruh mata dunia, melebihi bahkan olimpiade pun.

Babak final turnamen (merujuk kepada bagian turnamen setelah kualifikasi) ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali namun kejuaraan ini mengambil dua tahun secara keseluruhan.

Source
http://www.fiba.basketball/http://lingkarberjaring.blogspot.com/2014/04/sejarah-organisasi-penguasa-basket.html

Lihat juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close