Cara Menggiring Bola dalam Permainan Bola Basket

Menggiring bola (dribbling ball) dalam permainan bola basket adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola.

Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan.

Penjelasan mengenai cara menggiring bola dalam permainan bola basket juga bisa dipelajari langsung lewat video berikut.

Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi.

Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Tujuan menggiring bola tinggi dalam bermain basket adalah untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.

Pengertian Dribbling (Menggiring Bola Basket)

Dribbling (Menggiring Bola Basket)

Sebelum kita belajar langkah-langkah cara atau teknik menggiring bola dalam permainan bola basket, untuk menambah pemahaman kita, kita akan membahas dulu tentang pengertian atau definisi menggiring bola basket (mendrible bola basket). Ini adalah bagian dari teknik dasar bola basket yang wajib dikuasai.

Secara sederhana pengertian menggiring bola basket atau dribbling adalah suatu cara membawa bola ke depan dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian baik dengan berjalan atau berlari.

Hal terpenting dan harus diperhatikan dalam menggiring bola basket adalah melindungi bola agar bola tidak mudah direbut lawan.

Untuk melindungi bola, jagalah agar tubuh anda berada diantara bola dan lawan. Dalam menggiring bola basket tubuh mempunyai peran penting jika tangan yang digunakan mendribble lemah, maka tubuh berfungsi untuk melindungi bola.

Oleh karena itu, pada saat mendribble bola, tubuh harus selalu diantara bola dan lawan. Hal ini dimasukkan, Jika lawan akan merebut bola maka tubuh siap untuk menghalangi lawan.

Cara Menggiring Bola Basket (Dribbling)

Cara Menggiring Bola Basket (Dribbling)

Cara menggiring bola basket jika dilihat sepertinya mudah, namun pada praktiknya mendrible atau menggiring bola basket tidak sesederhana itu, tidak sekedar memegang bola basket dan memantulkannya. Perlu teknik yang benar dan latihan sehingga dapat mahir melakukannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah teknik cara menggiring bola dalam permainan bola basket:

  1. Berdiri dengan badan sedikit condong ke depan.
  2. Salah satu kaki di depan dengan lutut sedikit ditekuk.
  3. Pegang bola dengan dua tangan di samping badan.
  4. Pandangan ke depan atau kepala lawan.
  5. Pantulkan bola dengan satu tangan dengan teratur.
  6. Saat bola bergerak ke atas, telapak tangan menerima bola dan usahakan mengikuti gerak bola ke atas (usahakan perkenaan tangan dan bola tidak bersuara).
  7. Jangan memukul bola dengan telapak tangan, tetapi pantulkan (tekankan) dengan jari-jari dibantu dengan gerakan pergelangan tangan.
  8. Jinakkan bola dengan sedikit mengikuti bergeraknya ke atas sebentar dengan jari-jari dan pergelangan tangan, kemudian dipantulkan kembali.
  9. Setelah rahasia gerak, watak dan irama dari pantulan dapat dirasakan (get the feeling) dengan sikap berdiri ditempat, mulailah dengan bergerak maju.
  10. Mulailah jangan melihat bola, dan percepatlah gerak.
  11. Cobalah lakukan dengan berjalan, lari pelan, dan lari agak cepat.

Kemudian menggiring dengan agak rendah, rendah, maju, mundur cepat, secepatnya, berliku, berkelok untuk menghindari hadangan lawan.

Menggiring bola basket sering juga disebut mendrible. Drible artinya suatu gerakan memantul-mantulkan bola basket dengan satu tangan menuju daerah pertahanan lawan. Beberapa aktivitas menggiring bola antara lain menggiring bola ditempat, menggiring bola sambil berjalan, dan menggiring bola sambil berlari.

1. Menggiring bola di tempat

  1. Menggiring bola ditempat dilakukan dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan.
  2. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola.
  3. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan.
  4. Amati dan peragakan gerakan menggiring bola di tempat dalam permainan bola basket berikut ini.
  5. Sikap awal seperti menangkap atau menerima bola. Kemudian lengan bagian atas tegak lurus dengan lantai, lengan bawah sejajar dengan lantai, pergelangan tangan lemas atau tidak kaku.
  6. Cara mendorong bola dipantul-pantulkan di depan, samping kiri, dan kanan dengan jari-jari tangan terbuka (bukan dipukul-pukul).
  7. Pandangan ke bola lalu akhirnya ke segala arah.

2. Menggiring bola sambil berjalan

Menggiring bola basket juga dapat dilakukan sambil berjalan. Cara melakukannya sama dengan cara memantulkan bola di tempat kemudian dilanjutkan sambil berjalan ke berbagai arah.

3. Menggiring bola sambil berlari

Cara melakukannya sama seperti memantulkan bola di tempat, hanya pantulan bolanya seirama dengan kecepatan lari, penguasaan bola selalu dalam jarak yang dapat dikuasai.

Gerakan menggiring bola basket dapat dilakukan dengan cara berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan menggiring bola basket diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.

Bentuk Latihan Menggiring Bola

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menggiring bola basket antara lain berikut ini.

a) Menggiring Bola di Tempat

Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara memantulkan bola di tempat terlebih dahulu. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.

menggiring bola di tempat

  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan.
  3. Kemudian pantul-pantulkan bola dengan tangan kanan di tempat.
  4. Jika sudah lancar di tempat, maka lakukan gerak menggiring bola sambil berjalan, kemudian dilanjutkan dengan berlari.

b) Menggiring Bola Mundur, Maju, dan Menyamping

Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan gerakan maju, mundur, dan menyamping secara bergantian dalam satu rangkaian latihan. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.

menggiring bola mundur

  1. Menggiring bola maju dan mundur
  2. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  3. Pegang bola dengan kedua tangan didepan dada.
    Kemudian lakukan menggiring bola sambil bergerak mundur.
    Jika sudah lancar menggiring bola mundur, maka lanjutkan dengan gerakan sambil bergerak menyamping ke arah kanan dan kiri.

c) Menggiring Bola Zig Zag

Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara melewati rintangan berupa bangku atau cones. Gerakan ini juga dinamakan gerakan menggiring bola secara zig-zag. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.

menggiring bola zig zag

  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan di depan dada.
  3. Tempatkan cones/kursi sebanyak 4 sampai 5 buah dalam jarak 15–20 meter.
  4. Lakukan menggiring bola secara zig-zag (berkelok-kelok) melalui rintangan sambil berjalan.
  5. Jika sudah lancar melakukan menggiring sambil berjalan, maka lakukan menggiring bola sambil berlari dengan melewati rintangan.
  6. Pembelajaran ini dilakukan secara perorangan atau kelompok dan dilakukan 3–5 kali putaran.

Teknik Menggiring Bola Basket (Dribbling)

Melakukan teknik dribble ini dapat dilakukan dengan selera pemain, misalnya saja dribble rendah atau dribble tinggi. Atau pemain dapat melakukan dengan dengan memadukannya pada saat melakukan kombinasi dengan teknik tertentu.

Berikut merupakan bagaimana cara melakukan dribble rendah dan dribble tinggi:

Teknik Menggiring Bola Basket

1. Menggiring bola (driblle) rendah

Teknik menggiring bola basket ini dilakukan untuk menghindari lawan yang ingin  menghalangi dan merebut bola, dan waktu melakukan teknik ini membutuhkan tempo yang cepat/lambat sambil mencari celah-celah untuk mendapatkan jalan atau arah untuk menghindarinya.

Biasanya juga dribble rendah ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan terobosan ke arah pertahanan lawan. Cara melakukan teknik menggiring (dribble) rendah:

  • Berdiri dengan membuka kaki selebar bahu dengan salah satu kaki berada di posisi depan. Jika menggiring atau mendribble dengan tangan kanan maka kaki sebelah kiri ada di posisi depan, begitu juga sebaliknya.
  • Lutut sedikit dibengkokkan ke depan, dan badan agak condong ke depan.
  • Pantulan bola basket berada pada ketinggian antara lutut dan pinggang.
  • Untuk kegiatan melakukan pelatihan bisa diawali dengan melakukan latihan dribble di tempat, bergerak maju dan mundur, bergerak ke kanan dan ke kiri, berjalan dan kemudian berlari.
  • Pada saat melakukan ini dalam bergerak ke akan dan ke kiri posisi kedua kaki sejajar, sedangkan ketika bergerak maju dan mundur salah satu posisi kaki berada di depan.
  • Untuk lebih mengenal arah pergerakan ini dapat dilakukan tanpa bola, selanjutnya jika sudah mulai paham baru berlatih dengan menggunakan bola.

Latihan dengan berbagai variasi akan membuat latihan menjadi lebih baik.

2. Menggiring bola (dribble) tinggi

Teknik menggiring bola basket ini dilakukan di saat pemain berjalan atau pun berlari pelan-pelan ke depan. Biasanya dribble tinggi ini dilakukan ketika pemain bebas jauh dari penjagaan tim lawan.

Cara melakukan teknik menggiring bola basket tinggi ini yaitu:

  • Berdiri dengan kedua kaki selebar bahu dan posisi kaki sejajar.
  • Bola basket dipantulkan di samping kiri depan jika dribble dilakukan dengan tangan kiri, dan bola dipantulkan di samping kanan jika dribble dilakukan dengan tangan kanan.
  • Gerakan tangan dalam keadaan rileks saat mendorong bola turun naik ketika memantulkan bola.
  • Jari-jari tangan terbuka disertai gerakan sentakan (snap) di akhir gerakan.
  • Tinggi pantulan bola adalah antara pinggang dan bahu.
  • Pandangan mata ke depan, dan bagi pemain pemula diperbolehkan untuk melihat bolanya.
  • Pelaksanaan dribble tinggi ini dilakukan di posisi atau di tempat, sambil berjalan, kemudian berlari.
  • Untuk memahami arah gerak agar lebih baik, dianjurkan untuk melakukan latihan di tempat tanpa menggunakan bola.
  • Melakukan latihan dribble tinggi ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi dari yang tingkat mudah hingga yang paling sulit.

3. Spin dribble

Teknik menggiring bola basket dengan gerakan spin dribble ini pemain membutuhkan skill khusus yang memerlukan latihan yang khusus juga dan teratur. Tujuan melakukan latihan khusus dan teratur tersebut agar dalam penguasaan bola saat melakukan gerakan dribble bisa sempurna dan stabil.

Jika gerakan dribble sudah sempurna maka pemain akan dapat bergerak lebih bebas dan berlari ke segala arah. Pemain akan lebih mudah dalam penguasaan bola. Untuk pemain pemula teknik ini akan terasa sulit dan tidak mudah untuk dikuasai.

4. Between the legs dribble

Salah satu dari beberapa teknik menggiring bola yang cukup berguna untuk dikuasai dalam bermain bola basket baik bagi pemain pemula maupun pemain bola basket tingkat internasional adalah teknik between the legs dribble.

Teknik menggiring bola basket ini mengutamakan proses penggiringan bola basket, di mana posisi bola basket berada di depan kaki. Bisa dikatakan teknik dribble ini cukup sulit untuk dilakukan, khususnya bagi pemain pemula.

Jadi untuk menguasai teknik ini dibutuhkan latihan rutin agar dapat sempurna dalam penguasaannya. Melatih dengan rutin akan dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan bola di saat menggiring.

Jika pemain dapat melakukannya dengan gerakan yang lebih cepat maka lebih banyak peluang untuk dapat melewati pertahanan lawan tim.

5. Behind the back dribble

Teknik menggiring bola basket dengan teknik behind the back dribble ini membutuhkan skill khusus, karena itu peru latihan yang teratur untuk dapat melakukannya dengan sempurna.

Teknik menggiring bola ini fokus utama gerakan adalah penempatan bola basket yang berada di posisi belakang pemain yang tujuannya agar bola tidak mudah dijangkau dan direbut oleh pemain lawan.

Teknik ini dilakukan dengan bola dibawa ke belakang tubuh yang kemudian dipantulkan ke depan tubuh untuk selanjutnya diterima dengan tangan satunya. Pemain diharuskan untuk fokus dan konsentrasi dengan bola yang dibawanya agar tidak terlepas dari pegangannya.

Dengan menguasai teknik menggiring bola basket ini, kekuatan menyerang akan semakin kuat, sehingga bola dapat dipertahankan, selain itu dalam melewati lawan tim pun dapat lebih mudah untuk dilakukan.

Dengan melakukannya dengan gerakan yang lebih cepat, teknik akan lebih sulit untuk direbut oleh lawan tim. Untuk dapat menguasainya memang tidak mudah, namun dengan latihan maka pemain dapat melakukannya.

6. Crossover dribble

Pada teknik menggiring bola dengan teknik crossover dribble ini fokus utama gerakan yaitu pemain melakukannya dengan posisi menyilang. Teknik gerakan ini dimaksudkan agar dapat mengecoh pemain lawan.

Dengan arahan bola yang menyilang tersebut maka pemain lawan akan lebih sulit untuk menebak ke mana arah bola yang kita bawa. Gerakan menggiring bola cukup efektif untuk mengecoh lawan tim.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan rileks yang kemudian secara mendadak merubah arah bola untuk melewati pemain lawan. Dengan pemain lawan yang tidak awas akan membuat kita lebih mudah untuk melewati pertahanan lawan tim.

Prinsip-Prinsip Teknik Menggiring Bola Basket

Prinsip Prinsip Teknik Menggiring Bola Basket

Untuk menggiring bola basket yang baik, dianjurkan pemain untuk melatih beberapa teknik dalam menggiring bola basket agar bola tetap stabil dan tidak lepas dari kendali.

Beberapa prinsip teknik menggiring bola tersebut di antaranya yaitu:

  • Kontrol jari-jari tangan

Dalam melakukan gerakan menggiring bola basket, langkah ini termasuk dalam langkah permulaan yang sangat penting untuk dikuasai sebelum melakukan teknik-teknik menggiring bola yang lebih sulit tingkatannya maupun tingkat mahir.

Kontrol bola pada gerakan dribble sesuai dengan posisi yang diharapkan, karena itu butuh kontrol jari-jari tangan yang tepat agar bola terarah dengan baik.

  • Bertahan dengan posisi tubuh tetap rendah

Pada teknik dribble atau menggiring bola basket, hal penting yang harus diperhatikan adalah posisi tubuh. Pertahankan agar tubuh tidak terlalu meninggi dengan sedikit membungkuk.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah mengatur keseimbangan tubuh ketika menggiring bola dan membawa bola memasuki daerah lawan tim.

  • Tegakkan posisi kepala

Ketika menggiring bola basket, pastikan kepala tidak dalam keadaan menunduk, tapi harus ditegakkan. Berbeda dengan posisi tubuh yang agak membungkuk.

Jangan menundukkan kepala dengan pandangan terlalu fokus ke arah bola. Namun arahkan pandangan ke arah lawan untuk mengetahui posisi lawan, sehingga jika ada kesempatan maka pemain dapat melewati dari penjagaan pemain lawan.

  • Kombinasi 2 tangan

Pada teknik dribble atau menggiring bola basket memang tidak diperbolehkan untuk melakukan dribble atau menggiring bola dengan kedua tangan sekaligus. Namun boleh untuk dikombinasikan dengan tangan satunya.

Di saat melakukan penyerangan, ada banyak pemain bola basket melakukan trik atau gerakan mengecoh pergerakan lawan dengan mengombinasikan kedua tangan di saat melakukan gerakan dribble atau menggiring bola.

  • Protect the Ball

Dalam teknik dribble atau menggiring bola basket, penting untuk memperhatikan ketika memperoleh bola dan di saat menggiring bola. Pemain lawan pastinya akan datang untuk merebut bola dari yang kita bawa.

Teknik melindungi bola ini diperlukan agar bola tidak terbut oleh pemain lawan, dan jika mampu mempertahankannya sampai akhirnya bisa mencetak angka.

Tujuan Menggiring Bola Basket

Tujuan Menggiring Bola Basket

Setelah di atas dibahas tentang teknik cara menggiring bola basket, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengulas tujuan menggiring bola basket.

Berikut ini adalah beberapa tujuan menggiring bola basket:

  • Lebih cepat menuju ke daerah lawan dalam usaha memasukkan bola ke dalam keranjang lawan
  • Lebih mudah menyusup dan menerobos ke daerah pertahanan lawan, dan untuk mengacaukan pertahanan lawan, dan
  • Permainan lawan menjadi tidak berkembang, sehingga permainan menjadi terhambat.

Dengan menggiring bola basket (dribbling) merupakan bagian dari upaya dan teknik menyerang lawan, disamping itu bisa lebih cepat menembus daerah lawan untuk memasukkan bola ke keranjang lawan, sesuai dengan tujuan permainan bola basket, disamping itu juga untuk menerobos pertahanan lawan, untuk mengendalikan permainan.

Namun di sisi lain, menggiring bola basket secara berlebihan juga tidak baik untuk kepentingan tim.

Jika Anda mendribble atau menggiring terlalu berlebihan, maka tim cenderung tidak bergerak, ini memudahkan lawan untuk menghadangnya.

Hal ini berarti, menggiring bola basket berlebihan akan memudahkan lawan untuk menjaga teman setim karena tidak bergerak. Tidak menutup kemungkinan bola basket akan mudah direbut lawan dan pihak lawan akan dapat melakukan serangan balik.

Source
https://www.mikirbae.com/2017/01/cara-menggiring-bola-dalam-permainan.htmlhttps://topteknikdasarpermainanbolabasket.blogspot.com/2017/09/pengertian-teknik-cara-menggiring-bola-basket.htmlhttps://penjaskes.co.id/teknik-menggiring-bola-basket/http://miraclemoment30.blogspot.com/2011/12/cara-menggiring-bola-basket.htmlhttp://kampoengilmu.com/teknik-dasar-bola-basket/teknik-menggiring-bola-basket/

Lihat juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close