Teknik Pivot dalam Bola Basket

Teknik pivot merupakan salah satu dasar bermain bola basket, dengan posisi bola yang masih di tangan (mempertahankan bola) dari lawan, dengan menggunakan gerakan badan, putaran kaki atau badan tersebut dapat diputar sampai 360 derajat, selama tidak bergeser kaki yang satunya, karena satu kaki sebagai tumpuan, atau poros, jika kedua kaki sama-sama bergerak maka akan terjadi pelanggaran (kesalahan).

Pivot adalah gerakan berputar dengan berporos salah satu kaki, kedua tangan memegang bola dengan tujuan untuk menghindari sergapan lawan yang akan merebut bola.

 

Pengertian Pivot dalam Bola Basket

Pengertian Pivot

Pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar badan yang tumpuannya menggunakan salah satu kaki sebagai poros putaran setelah menerima bola atau passing dari rekan satu tim.

Gerakan pivot sangat penting dikuasai karena rawan foul travel jika tidak melakukannya secara benar.

Pivot menjadi salah satu gerakan yang paling banyak dilakukan ketika seorang pemain menguasai bola di pertahanan lawan. Biasanya gerakan ini dikombinasikan dengan Post Up Moves, Hook shot, atau passing ke pemain lainnya.

Tujuan Melakukan Gerakan Pivot

Tujuan Melakukan Gerakan Pivot

Gerakan pivot dalam basket berfungsi untuk menghindari sergapan lawan yang ingin merebut bola. Namun, pada praktiknya ketika permainan berlangsung tujuan bisa lebih berkembang sebagai berikut:

  • Mencari celah, pivot dilakukan oleh pemain basket untuk mencari celah terkait bola yang ingin dipassing atau ditembak. Gerakan memutar ini juga memungkinkan perubahan arah yang membuat ruang semakin terbuka
  • Menunggu teman, pivot sering dilakukan untuk menunggu rekan tim yang bergerak tanpa bola untuk mendapatkan tempat yang lebih baik untuk melakukan shooting atau passing. Pivot setelahnya diikuti dengan passing yang menghasilkan assist dan ruang tak terjaga pada rekan tim lain
  • Menipu Lawan, gerakan pivot digunakan ball handler untuk mengecoh penjagaan lawan sehingga mempermudah untuk mencetak angka jarak dekat
  • Menahan bola, pivot juga dilakukan dengan tujuan untuk menahan bola sambil berfikir terkait langkah selanjutnya yang akan diambil. Gerakan pivot memungkinkan tim untuk merevitalisasi strategi serangannya.
  • Untuk bertahan, dalam hal defense pivot sering kali digunakan untuk melonggarkan pressing dari tim lawan. Dengan menggunakan pivot, pemain lain akan dapat menempati posisi yang lebih baik sehingga bola mudah dikuasai untuk step offense.

Cara Melakukan Gerakan Pivot dalam Bola Basket

Gerakan pivot
Gerakan pivot

Untuk menguasai teknik pivot anda harus menguasai gerakan dasar dalam menahan bola, dribble dan berputar untuk mengambil keuntungan atau mengubah arah.

Pivot harus dilakukan dengan tepat dan hati-hati agar tidak mengakibatkan salah langkah yang berujung pada terjadinya pelanggaran. Berikut cara melakukan gerakan pivot yang benar:

  1. Pilihlah salah satu kaki yang ingin dijadikan sebagai poros.
  2. Kemudian angkat kaki dan pindahkan kaki untuk melakukan gerakan memutar dan kaki satunya tidak boleh bergeser.
  3. Tangan dalam keadaan memegang dan menjaga bola dari sergapan lawan yang ingin merebut bola.
  4. Badan berada antara bola dan lawan yang ingin merebut guna menghalangi lawan untuk merebut bola.
  5. Setelah melakukan pivot dan ada kesempatan untuk bergerak, anda bisa meneruskannya dengan gerakan passing, dribbling, atau shooting.

Konsentrasi utama dari pivot ini adalah satu kaki yang menjadi poros tidak boleh bergeser, hanya boleh memutar mengikuti gerakan tubuh atau saat memutarkan badan.

Gerakan pivot ini bisa dilakukan dengan sangat cepat atau dengan lambat tergantung pada strategi tim dalam pengambilan pivot tersebut.

Kesalahan dalam Melakukan Pivot

kebanyakan orang akan melakukan pivot, akan  melakukan kesalahan yaitu traveling atau juga foul. Kesalahan pada pivotini terjadi karena salah satu kaki kurang memiliki keseimbangan yang bagus.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam melakukan teknik pivot adalah:

  • Cara pemegangan bola salah.
    Dalam memegang bola gunakan dengan kedua tangan dan posisi bola sejajar tingginya dengan dada.
  • Posisi badan.
    Posisi badan agak membungkuk kedepan untuk melindungi bola agar tidak direbut oleh lawan.
  • Tumpuan kaki.
    Kesalahan pemain basket dalam melakukan tumpuan kaki adalah pemain menggunakan bagian belakang kaki untuk menumpu. Dalam melakukan pivot bagian kaki yang depan yang digunakan, karena bagian depan kaki mempunyai keseimbangan lebih dari pada bagian belakang kaki.

Macam-Macam Pivot

Macam Macam Pivot

Pivot dapat dilakukan dengan dua cara yaitu gerakan berputar ke arah depan dan gerakan berputar ke arah belakang. Pivot dapat berbentuk :

  • In Front Pivot (front turn)
  • Reverse Pivot (reverse turn)

Gerakan pivot dalam permainan basket terdiri atas 3 jenis yang diikuti oleh gerakan pendukung.

Untuk memaksimalkan gerakan ini, pemain dapat memilih salah satu gerakan yang dianggap paling menguntungkan pada saat gerakan pivot dilakukan.

Pivot kemudian Dribble

Gerakan ini paling umum dilakukan, biasanya ball handler seperti point guard atau forward melakukan putaran di paint area kemudian menciptakan celah lainnya dengan satu atau dua dribble sebelum memutuskan untuk mencetak angka atau melakukan passing ke rekan tim.

Pivot kemudian Passing

Sering dilakukan oleh pemain dengan insting passing yang bagus, biasanya killer pass datang setelah melakukan pivot ini ke pemain bertipe finisher seperti bigman dan small forward.

Pivot kemudian Shooting

Gerakan pivot ini sering dilakukan scorer utama di tim, atau pemain yang paling berkontribusi dalam mencetak angka.

Tidak mudah melakukan shooting langsung setelah pivot karena keseimbangannya yang kurang baik. Namun beberapa pemain bintang sangat piawai menciptakan gerakannya sendiri lewat teknik ini.

Beberapa gerakan yang dikombinasikan teknik ini di antaranya Turnaround Jumper, Fadeaway Turnaround Shot.

Kesalahan

Olah Kaki atau Gerakan Kaki (Foot Work)

Yang dimaksud dengan olah kaki atau gerakan kaki ialah keterampilan penguasaan gerak kaki di dalam hal:

  1. Dapat melakukan start dengan cepat dan berhenti dengan segera tanpa kehilangan keseimbangan
  2. Cepat mengubah arah gerak baik dalam pertahanan maupun dalam penyerangan.

Berputar adalah dengan menggunakan salah satu kaki Anda sebagai basis gerakan Anda dan Anda bebas untuk mengubah arah dan mencari lulus atau ditembak sepanjang poros kaki Anda tidak bergerak. Anda bebas untuk memilih kaki yang ingin Anda gunakan sebagai pivot Anda.

Demikian uraian pengertian dan cara melakukan pivot dalam permainan bola basket. Semoga bermanfaat..

Beberapa pengetahuan tambahan untuk membantu Anda lebih mengenal permainan bola basket:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close