Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengatur Serangan

Dalam permainan bola basket resmi, terdapat 5 pemain dengan posisi dan tugas masing-masing, salah satunya adalah Point Guard atau biasa disebut pengatur serangan. Yup, posisi ini bisa dibilang sebagai yang paling menentukan dalam permainan basket 5×5.

Posisi ini menjadi playmaker untuk tim dan memiliki tugas utama sebagai pengatur serangan, penahan bola, serta pemberi umpan untuk pemain lainnya.

Point guard umumnya memiliki tinggi badan yang paling kecil dibandingkan pemain di posisi lainnya. Di kompetisi seperti NBA, tinggi pemain point guard berkisar antara 180-185 cm. Karena memiliki tinggi yang relatif rendah biasanya point guard adalah pemain yang paling lincah di lapangan dan memiliki skill handling di atas rata-rata.

Point guard juga harus memiliki kemampuan defense yang baik, karena merupakan pemain pertama yang melakukan pergerakan defense di area 3-point line dan parimeter area.

Berikut tugas dan kemampuan yang harus dimiliki pengatur serangan dalam bola basket (point guard):

  • Memberi Umpan
    Point guard menjadi pemain yang memiliki kesempatan paling tinggi untuk mendapatkan catatan assist karena memang tugas utamanya sebagai pembagi bola saat permainan offensive dilakukan.
  • Dribbling Bola
    Melakukan dribbling untuk mengatur tempo dan memperlambat permainan menjadi tugas utama point guard, sang pemain juga harus memiliki kemampuan defensive on-ball yang baik sehingga bola tak mudah direbut atau menjadi turnover yang sangat merugikan tim.
  • Scoring
    Saat pemain lain tak memiliki cukup ruang untuk menembak, maka point guard juga harus memiliki kemampuan scoring yang baik, yakni shooting dan lay-up atau permainan didepan ring basket untuk membantu tim mendapatkan sebanyak mungkin angka.
  • Defender
    Point Guard juga harus mampu melakukan pertahanan sesuai yang diarahkan oleh pelatih, skema bertahan harus benar-benar dikuasai oleh point guard dan sang pemain juga harus bertugas mengatur pemain lainnya agar tetap kompak dalam menjalankan strategi defense untuk melimitasi point lawan.

Itulah empat tugas utama dan kemampuan yang harus dimiliki oleh point guard sebagai pengatur serangan dalam permainan pola basket.

Sebagai nyawa untuk tim pengaruh point guard akan sangat menentukan kemenangan tim. Jadi tak heran jika di luar sana pemain ini dijadikan sebagai landasan untuk membangun tim basket yang kuat.

Beberapa pengetahuan tambahan untuk membantu Anda lebih mengenal permainan bola basket:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button