Tujuan Permainan Bola Basket

Tujuan permainan bola basket memang tidak melulu untuk alasan kesehatan, permainan bola basket adalah cabang olahraga yang dipertandingkan. Jadi, prestasi juga menjadi salah satu alasan ataupun tujuan bermain bola basket.

Bola basket merupakan salah satu olahraga populer di dunia, selain sepak bola. Permainan bola basket dimainkan oleh 2 tim, masing-masing terdiri dari lima pemain.

Namun, semua pemain memiliki hak bermain yang sama, tidak ada penjaga ring atau penjaga gawang seperti dalam permainan sepak bola.

Bola basket adalah salah satu olahraga populer yang banyak diminati terutama di Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, seperti Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, hingga Indonesia.

Tak sedikit kompetisi bola basket digelar setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, hingga Indonesia Basketball League (IBL).

Permainan bola basket digemari lantaran bisa dimainkan indoor maupun outdoor dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Di sisi lain, bola basket juga dinilai lebih kompetitif dengan tempo permainannya yang cenderung lebih cepat ketimbang olahraga bola lain, seperti voli dan sepak bola.

Penggemar olahraga ini tentunya tersebar di segala penjuru dunia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai permainan ini bola basket, berikut ulasan selengkapnya.

Tujuan Permainan Bola Basket

Tujuan Permainan Bola Basket
Tujuan Permainan Bola Basket

Sebenarnya jika dilihat secara umum, jika kita berolahraga tentunya bertujuan membuat kebugaran dan kesehatan tetap terjaga. Begitu juga tujuan permainan bola basket.

Namun, yang menjadi tujuan permainan bola basket secara khusus adalah untuk berolahraga sehingga tubuh kita terasa sehat dan bugar, serta dapat menambah tinggi badan, dan melatih kedisiplinan.

Tujuan olahraga yang satu ini memang tidak melulu untuk alasan kesehatan, tetapi permainan bola basket juga menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Jadi prestasi juga menjadi salah satu alasan atau tujuan bermain bola basket.

Tujuan utama permainan bola basket adalah membuat nilai sebanyak mungkin dengan memasukkan bola basket ke ring (keranjang) lawan, serta mencegah membalas keunggulan nilai.

Ketika bermain bola basket, para pemain dilarang memainkan bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan, menggelindingkan atau menggiring bola ke segala arah dalam lapangan permainan.

Di sisi lain, keterampilan mendasar dalam permainan bola basket adalah kemampuan menembakkan bola (shooting) ke dalam ring basket. Hal ini merupakan inti dari strategi permainan dan dapat memberikan hasil nyata secara langsung untuk memenangkan permainan.

Permainan bola basket dilakukan beregu, maka olahraga ini tentu akan melatih kerja sama tim. Dengan kerja sama yang baik tentu akan lebih mudah dalam meraih kemenangan.

Permainan bola basket juga bisa bertujuan melatih sikap kepemimpinan atau leadership. Terlebih untuk Anda yang dipilih menjadi seorang kapten.

Manfaat Permainan Bola Basket

Manfaat Permainan Bola Basket
Manfaat Permainan Bola Basket

Olahraga bola basket tak hanya memiliki tujuan utama, tetapi juga memiliki sederet manfaat lain, seperti berikut ini:

  • Melatih otot tubuh.
    karena pada umumnya olahraga basket adalah olahraga yang mampu menggerakkan seluruh organ tubuh secara terus-menerus. Misalnya manfaat olahraga basket saat sedang berlari, men-dribble, melempar, dan lainnya yang selalu melibatkan otot tubuh.
  • Membangun ketahanan tubuh.
    Gerakan-gerakan yang terdapat dalam olahraga basket dapat membuat badan menjadi lincah sehingga ketahanan tubuh dapat terjaga.
  • Menambah daya imunitas tubuh.
    Tidak hanya manfaat buah-buahan yang mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh, olahraga basket juga busa melakukannya. Basket merupakan salah satu olahraga yang mampu mencegah bakteri dan virus yang bersifat patogen, yakni virus yang menyerang tubuh ketika dalam keadaan lemah.
  • Membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh.
    Olahraga basket adalah olahraga yang dilakukan antara kerjasama tangan, kaki, dan mata dalam koordinasi yang erat. Hal ini mampu membangun keseimbangan dan keterampilan fungsi koordinasi tubuh.
  • Meningkatkan keterampilan motorik.
    Olahraga basket karena pemain harus menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh inti dalam olahraga ini.
  • Melatih Ketangkasan.
    Manfaat olahraga basket ini mengajarkan pemainnya untuk mampu melakukan gerakan yang banyak dikombinasikan.
  • Membentuk tubuh ideal
    Olahraga basket adalah olahraga yang sangat identik dengan olahraga fisik dan kalori pun akan terbakar. Apabila kalori tidak dapat diproses, maka akan mempengaruhi kondisi kesehatan.
  • Tubuh menjadi lebih tinggi
    Basket mampu meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki. Dengan memanjangkan tulang-tulang tersebut, tubuh akan menjadi lebih tinggi. Umumnya ini menjadi tujuan permainan bola basket yang populer.
  • Menurunkan berat badan
    Olahraga basket dapat membakar kalori sekitar 700-750 kalori yang ada, sehingga lemak yang berlebih akan hilang saat bermain.
  • Menstabilkan hormon
    Terutama bagi wanita, sebab gerakan aktif dalam basket membuat otot perut wanita menjadi lebih kencang. Hasilnya metabolisme tubuh dan masalah penyebab disfungsi hormon yang biasanya dialami oleh wanita muda bisa disembuhkan.
  • Meningkatkan fungsi otak
    Tujuan permainan bola basket yang satu ini berhubungan degan otak. Tidak hanya manfaat bermain catur yang mengasah strategi, namun olahraga basket juga membutuhkan strategi yang tepat dalam menghadapi masalah yang ada dalam pertandingan. Sehingga dapat membantu tim agar dapat keluar dari tekanan lawan.
  • Menghindari osteoporosis
    Olahraga basket mengambil manfaat lari, yang dapat membuat tulang-tulang dalam tubuh akan semakin kuat jika dilakukan secara terus-menerus. Sementara, osteoprosis harus dicegah sejak dini karena akan sangat sulit untuk mencegahnya jika usia sudah lanjut.
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
    Basket adalah permainan cepat yang melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing, melompat, dan melempar bola basket. Jadi, olahraga ini dapat berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif, yang mempercepat pernapasan dan meningkatkan pasokan darah yang mengangkut manfaat oksigen ke otot-otot.
  • Membantu meningkatkan konsentrasi
    Dalam olahraga basket mengharuskan fokus pemainnya pada bola yang bergerak cepat dari pemain ke pemain.
  • Mengurangi stres
    Karena olahraga basket bisa membuat pemainnya mampu melupakan kekhawatiran terutama saat fokus pada permainan.
  • Meningkatkan percaya diri
    Bermain basket dapat meningkatkan rasa percaya diri, seperti dalam menerapkan strategi permainan basket yakni offence (menyerang) dan defence (bertahan).

Itulah beberapa tujuan permainan bola basket, yang tidak hanya sekadar olahraga, tetapi juga merupakan sebuah profesi jika digeluti secara serius dan profesional.

Source
https://www.bola.com/ragam/read/4076962/tujuan-dan-manfaat-utama-permainan-bola-basket-yang-harus-diketahuihttps://topteknikdasarpermainanbolabasket.blogspot.com/2017/08/tujuan-permainan-bola-basket.html

Beberapa pengetahuan tambahan untuk membantu Anda lebih mengenal permainan bola basket:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button